Friday, May 20, 2011

Manusia, ooh manusia

Manusia itu aneh, tapi nyata..
Manusia, oh manusia..
Seringkali tak habis pikir dibuatnya..


Hari ini seharusnya menjadi hari yang luar biasa. Perpaduan antara hari Jumat yang penuh berkah dan Hari Kebangkitan Nasional yang penuh semangat menggelora. Tapi hari ini, ada beberapa kejadian yang membuat saya terheran-heran oleh ulah manusia..

Pertama, ada beberapa anak manusia yang terikat dalam kehormatan suatu instutusi, tetapi belum cukup dewasa untuk memahami makna interaksi profesionalisme, dan kewajiban moral sebagai pemegang tanggung jawab.

Kedua, ada beberapa oknum anak manusia kehilangan rasa percaya, apatis, dan sinis terhadap anak manusia lain yang dianggap kurang bisa menempatkan dirinya.

Ketiga, aneh. seorang penguasa tiba-tiba menemukan suatu fakta. mencium sendiri bau busuk, entah bagaimana bisa dan dari mana hidungnya terbuka.

Keempat, ada anak manusia yang selalu merasa berkuasa. selalu memimpin dan selalu ingin menang. baginya, rasa empati memang perlu di asah lagi.

Kelima, manusia-manusia ini selalu mencari kesempatan egosentris untuk kemenangan diri.

Kelima, anak manusia yang seringkali lupa diri 'menjatuhkan' manusia lain dengan halus dan agar diiyakan, tetapi lupa mawas diri bahwa bisa jadi manusia lain itu membuat dirinya jatuh.

Manusia-manusia yang dipersatukan karena kemampuan dan kecemerlangan. serta, kesenjangan antara pendapatan dan kepuasan ekonomi. dan bagi mereka, keringat-keringat yang telah menetes itu mahal harganya.

Namanya juga manusia, tempatnya salah dan lupa.

Bisakah kita mengharapkan maklum, dan terima adanya?

No comments: