Saturday, June 5, 2010

Tamparan Keras

Kejutan getir di depan mata. Saya tidak bisa menghindar dari tamparan keras yang sangat menyakitkan ini. Anehnya efeknya begitu menguatkan. Pertama kali, helaan nafas pun terasa berat. Seketika dada serasa sesak dan ada beban berat di pundak saya. Namun, lambat laun, saya meyakini bahwa kenyataan ini adalah pelajaran berharga, Pengalaman ini akan memperkaya batin dan mental saya. Setidaknya untuk memberikan kata cukup pada kesia-siaan dan inefisiensi sikap dan pola pikir. Ya Allah, hamba mohon perlindungan atas segala siksa dunia dan akhirat! Hanya kepada-Mu lah diri berserah dan memohon pertolongan!

Yang meringankan separuh beban saya kemudian adalah surat Al Insyirah yang konsisten, tak pernah luput dari bibir dan pesan tentang hal-hal yang mengajaibkan kehidupan, yakni "kejujuran, kerja keras, dan upaya bagi kebaikan sesama." Sebenarnya tiga karakter di atas bisa menjadi obat sekaligus jawaban atas tamparan keras saya hari ini.

Kejujuran. Kerja keras. Upaya bagi kebaikan sesama. Semoga saya bisa menjiwainya dengan sepenuh hati.

No comments: